Kolom IKN
Image default
Berita Terkini

Presiden Jokowi Ingin ASN Fresh Graduate Diprioritaskan di IKN

Jakarta, KolomIKN.com -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan bahwa dalam rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024, penempatan lulusan baru atau fresh graduate lebih banyak ditekankan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas setelah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (29/12/2023).

“Kami tadi melaporkan terkait pematangan skenario rekrutmen ASN di tahun 2024. Dan beliau minta fresh graduate yang hebat-hebat nanti salah satunya diberi ruang banyak di IKN,” kata Azwar.

Meskipun begitu, Azwar tidak ingin mengungkapkan jumlah formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dibuka pada tahun 2024. Menurutnya, informasi tersebut akan diumumkan oleh Presiden Jokowi pada awal bulan Januari.

“Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama Presiden akan mengumumkan. Nanti ada kita akan menyelesaikan yang 1,6 juta PPPK. Ini nanti akan kita beresin. Tentu nanti skenarionya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” jelas dia.

Baca Juga : Capaian Impresif: Progres IKN Tahap 1 Tercatat 62,65%, Rampung di 2024

Azwar menguraikan bahwa dalam rekrutmen fresh graduate tahun mendatang, salah satu fokusnya adalah untuk mendapatkan talenta digital yang dibutuhkan di wilayah tersebut.

“Tetapi talenta digitalnya bukan marketing digital seperti pinjaman online dll, tapi lebih ke hulunya, misalnya digital di sektor pertanian, dst,” ungkapnya.

Berkaitan dengan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang khusus untuk penduduk setempat, Azwar menyatakan bahwa pemerintah belum menetapkan sejumlah pasti untuk alokasi bagi warga daerah tersebut.

“Ada afirmasi yang dimohonkan banyak daerah, misalnya apakah 10, 20 persen untuk putra daerah, tetapi putra daerah ini tidak langsung lulus tetap ikut seleksi, nanti dari situ berapa persen. Nah ini sudah kami sampaikan mungkin nanti dalam waktu dekat akan diputuskan,” ujarnya.

Baca Juga : PUPR Buka Suara Usai IKN Dikritik Tak Bisa Selesaikan Masalah Jakarta

Yuk dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari kolomikn.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email dan sosial media kami lainnya!

Related posts

Pajak Pekerja IKN Akan Ditanggung Pemerintah

salma hn

Tak Hanya Mimpi: Indonesia Siap Menyambut Ibukota Nusantara yang Ramah Lingkungan dan Inovatif!

christine natalia

OIKN Buka Peluang Emas: Investasi di IKN Ditargetkan Capai Rp100 Triliun

Redaksi KolomIKN

Leave a Comment