Kolom IKN
Image default
Berita Terkini

Persiapan IKN Jelang HUT Kemerdekaan RI Hampir Rampung

KolomIKN – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, umumkan bahwa tahapan akhir persiapan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang akan berlangsung di Ibu Kota Nusantara (IKN) hampir lengkap. Pengecekan langsung dilakukan oleh Jokowi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada tanggal 5 Juni 2024.

“Tahapan-tahapan persiapan 17 Agustus sudah hampir sempurna, di lapangan sendiri tidak terdapat kendala,” ungkap Jokowi setelah melakukan peninjauan di zona pembangunan Istana Presiden di IKN, yang dilansir melalui rilis video.

Presiden menambahkan bahwa beliau telah memeriksa berbagai lokasi seremoni secara detail, termasuk urutan pelaksanaan upacara. Selain itu, pihak pemerintah menetapkan target untuk menyelesaikan pembangunan pada pertengahan bulan Juli.

Presiden Jokowi juga meresmikan beberapa infrastruktur serta proyek awal di IKN sejak Senin, 3 Juni 2024. Pembangunan tahap keenam meliputi proyek Astra Biz Centre, Al Azhar Summarecon, dan Universitas Gunadarma telah dimulai, di saat Bambang Susantono, mantan Kepala Otorita IKN, telah resmi mengundurkan diri.

Pada perkembangan selanjutnya, Basuki Hadimuljono, yang menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, mendapat mandat dari Jokowi untuk memegang posisi sebagai Pelaksana tugas Kepala Otorita IKN mulai Senin, 3 Juni 2024. Di kesempatan yang sama pada hari Rabu, Jokowi enggan memberikan detil terkait alasan pengunduran diri Bambang Susantono dari jabatan kepala Otorita IKN.

Baca Juga : Ridwan Kamil Ungkap Rencana ‘Forest City’ di IKN kepada Mahasiswa NUS

Presiden mengarahkan untuk mengonfirmasi langsung kepada Bambang, menerangkan, “Alasannya adalah pribadi,” demikian penjelasan dari Presiden Jokowi. Presiden yang dikenal sebagai mantan Wali Kota Solo tersebut menegaskan bahwa pengunduran diri Bambang tidak membawa dampak negatif terhadap pembangunan IKN.

Kemajuan pembangunan IKN saat ini telah mencapai 80% baik dari sisi interior maupun eksterior. Upaya pemerintah agar proyek pembangunan ini tetap berlanjut meski dihadapkan dengan transisi kepemimpinan di IKN.

Mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2022 tentang Detail dari Rencana Master Ibu Kota Nusantara (IKN) Bab VI mengenai Penahapan Pembangunan IKN, terdapat lima fase pembangunan kota baru ini.

Rumah-rumah para menteri termasuk dalam Fase I dari pembangunan IKN yang direalisasikan selama periode tahun 2022 hingga 2024. Fase pertama dari proyek IKN ini mencakup pembangunan infrastruktur dasar yang esensial yang meliputi sistem penyediaan air bersih, listrik, IT dan komunikasi, pengolahan sampah, dan pengelolaan limbah untuk para penduduk awal.

Fase ini juga berfokus pada konstruksi fasilitas-fasilitas utama seperti Istana Presiden, gedung perkantoran, dan area perumahan dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), pemindahan awal Pegawai Negeri Sipil, TNI/Polri serta pengembangan awal dari sektor ekonomi yang menjadi prioritas.

Baca Juga: IKN Siapkan Hari Kemerdekaan RI ke-79 dengan Rumput Lapangan Berstandar FIFA

Related posts

Presiden Jokowi Ingin ASN Fresh Graduate Diprioritaskan di IKN

salma hn

Perhatian Ekonom terhadap Ketertarikan Investor Swasta Bernvestasi IKN, Khawatirkan Beban APBN sebagai Dampaknya

salma hn

Pemerintah Umumkan Seleksi CASN dengan 71.643 Formasi Tersedia

Dian Purwanto

Leave a Comment